20 September 2011

Manfaat Sholat Dalam Kehidupan

Ketika melihat dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sering bertanya mengapa ada orang yang masih melakukan kejahatan meskipun sudah sholat. Apakah ada yang salah dengan sholatnya?. Sebenarnya yang perlu digaris bawahi adalah bukan menjalankan sholatnya tetapi bagaimana kualitas sholat itu sendiri yang akan menentukan pengaruhnya dalam kehidupan.

Sebelumnya kita tahu dulu bagaimana sebenarnya kedudukan sholat dalam Islam?.

Pertama, sholat adalah satu-satunya ibadah yang proses penyampainya tidak melalui malaikat Jibril, tetapi langsung antara Allah dan Nabi Muhammad.
Kedua, sholat merupakan identitas minimal seorang muslim.
Ketiga, sholat adalah tiang agama.
Keempat, sholat adalah amalan pertama yang akan dihisab. Jika baik sholatnya maka baik pula amalan lainnya sedangkan jika jelek sholatnya maka jelek pula amalan-amalan lainnya.

Lalu ada apakah sebenarnya dalam ibadah sholat?

Dalam sholat ada 3 ibadah besar yang kita lakukan, yaitu:

  1. Dzikir, Dalam sholat dzikir yang paling banyak adalah “Allahu Akbar” yang merupakan bentuk renungan kita kepada Allah. Ketika kita mengucapkan Allahu Akbar, kita merasakan kalo kita ini sebagai makhluk yang sangat kecil dibandingkan Allah Swt. Kita tidak ada apa-apanya tanpa pertolongan dan karunia Allah. Semua yang ada pada kita adalah bentuk sayang Allah kepada kita.
  2. Doa, Dalam sholat juga terangkum doa-doa yang kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Silahkan pahami arti dalam bacaan duduk antara dua sujud.
  3. Tilawah al-Qur’an. Dalam sholat juga kita membaca al-Qur’an.
Lantas apa yang harus kita lakukan dalam sholat?.

Target kita dalam sholat adalah kita bisa khusu’ dalam menjalankanya. Ada beberapa usaha yang dapat kita lakukan dalam mencapai khusu’ dalam sholat.
Pertama, usahakan sholat tepat waktu.
Kedua, berusahalah memahami makna setiap bacaan dalam sholat.
Ketiga, hindarkan persoalan-persolan dunia dalam menjalankan sholat. ini maksudnya agar kita tidak memikirkan hal-hal duniawi ketika sholat yang mana akan merusak kekhusu’an sholat kita.
Keempat, adalah usahakan mematuhi tata cara dalam sholat yang sudah dicontohkan oleh Rasul kita.

Khusu’ cuma kita dan Allah yang tahu. Bahkan kadang kita juga belum bisa menggaransi kalau sholat kita khusu’. Kalau seseoarang bisa melaksanakan sholat dengan baik dalam segi kualitas insya Allah sholatnya akan menjaganya dalam kehidupan sehari-hari. Orang akan menjadi disiplin karena dalam sholat sudah diajarkan prinsip-prinsip tepat waktu dalam menjalankan sholat. Orang akan menjadi lebih hati-hati dalam kehidupanya. Dari sholat juga dapat dipetik ajaran agar kita selalu menjalin hubungan sosial yang harmonis. Kalau kita perhatikan sholat, sholat selalu diakhiri dengan salam dan diikuti dengan tolehan kanan dan kiri. Di sini ada pelajaran pemberiaan salam dan doa kepada siapa saja. Sebagai makhluk sosial, kita diperintahkan akan hubungan sosial sesama manusia harus diperhatikan. Sehingga munculah manusia-manusia yang baik ibadahnya kepada Allah dan baik pula perilaku dan hubungannya dengan sesama.

Semoga kita akan lebih bersemangat dalam memperbaiki sholat kita karena kita tahu sholat sangat memberikan efek yang luar biasa dalam perilaku seseorang.

“Jadikanlah sholat dan sabar sebagai penolongmu”

0 comments:

Poskan Komentar